Kamis, 29 Oktober 2009

ANGKLUNG

ANKLUNG

Angklung adalah salah satu alat musik khas tradisional Indonesia. Angklung berasal daerah Jawa Barat. Beraneka tangga nada yang dihasilkan dari sebuah bambu. Alunan musik yang dihasilkan tak kalah indah dan merdunya dibandingkan alat musik modern seperti biola, harpa, gitar dan masih banyak lagi.
Banyak masyarakat Indonesia melupakan dan mengabaikan alat musik yang satu ini, oleh sebab itu Negara tetangga Malaysia memanfaatkan keadaan kita ini. Mereka dengan seenak nya saja mengakui dan mengklaim angklung sebagai alat musik tradisional mereka. Tidak hanya itu saja, Malaysia juga memasukkan daftar angklung untuk dijadikan aset pariwisata mereka untuk menarik perhatian Negara barat atau turis dari manca negara.
Rakyat Indonesia mendengar kabar tersebut, sontak langsung geram dengan perilaku Malaysia. Mereka langsung mengumpat dan menghujat Malaysia dengan caci maki. Mengapa Malaysia mengakui angklung sebagai Alat musik khas mereka?? Padahal mereka tahu, bahwa sesungguhnya angklung berasal dari Negara Indonesia.
Memang tidak salah Malaysia mau merebut Angklung dari Indonesia. Mereka bisa melihat karakteristik keunikan yang dimiliki dari alat musik yang satu ini. Angklung itu adalah alat musik yang unik. Alat musik ini tidaklah kuno, buktinya angklung bisa di kolaborasikan dengan alat musik modern dan buktinya lagi adalah banyak nada yang terbentuk dari angklung untuk menghasilkan sebuah lagu yang indah.
Ada terdapat sebuah tempat di daerah Jawa Barat yang bernama “ Saung Mang Ujo ”. Di saung ini kita bisa melihat cara pembuatan, mendengarkan anak-anak bangsa memainkan alat musik ini, dan melihat anak-anak bangsa berlatih untuk memainkan alat musik ini. Tak hanya itu, bagi kalian yang berminat dan mengaku cinta dengan bangsa dan Negara sendiri, kalian bisa belajar. Sungguh sangat menarik angklung itu, dan kita sebagai anak bangsa dan Negara Indonesia, harus mempertahankan angklung sebagai salah satu alat musik milik Indonesia dan kita sebagai generasi penerus harus melestarikan musik angklung dengan cara menjadikan angklung sebagai alat musik yang wajib ada di setiap kegiatan acara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar