Jumat, 02 April 2010

PERSAMAAN AKUNTANSI

Semua kegiatan dalam bidang perdagangan dan jasa, pasti memerlukan siatem akuntansi. Dalam hal pembahasan yang akan saya tulis adalah dasar-dasar akuntansi atau sama dengan persamaan akuntansi.
Akuntansi adalah suatu proses pencatatan, pengelompokkan dan meringkas transaksi-transaksi keuangan yang terjadi pada suatu badan usaha dan menafsirkan serta disajikan hasilnya. Untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan akuntansi, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui cara-cara dasar persamaan akuntansi.
Mendengar dari nama persamaan berarti kita bisa mengambil arti sendiri yaitu merupakan sesuatu hal yang serupa atau mirip, persamaan akuntansi adalah sebuah posisi yang menunjukkan harta yang sama dengan sumber. Sumber modal itu sendiri juga bisa berasal dari utang dan modal. Berikut dibawah ini merupakan sebuah rumus yang merupakan sebagian gambaran dari persamaan akuntansi :


Aktiva = Utang + Modal atau Assets = Liabilities + Owner’s Equity


AKTIVA
Aktiva itu sendiri merupakan harta atau kekayaan yang dimiliki oleh perusahaan. Aktiva dapat digolongkan menjadi dua :
1. Aktiva Lancar adalah sesuatu hal yang setiap dalam penggunaannya secara terus-menerus.
Contoh :
- Kas
- Surat-surat berharga
- Piutang dagang
- Piutang Wesel
- Persediaan barang dagangan
- Biaya dibayar dimuka
- Perlengkapan

2. Aktiva Tetap
Menurut Mulyadi (2008:591) aktiva tetap merupakan kekayaan perusahaan yang dimiliki wujud, mempunyai manfaat ekonomis lebih dari satu tahun, dan diperoleh untuk melaksanakan kegiatan perusahaan bukan untuk dijual kembali.
Transaksi aktiva tetap menurut Mulyadi (2008 : 591-592) memiliki karakteristik sebagai berikut :
1. Frekuensi terjadinya transaksi yang mengubah aktiva tetap relative sedikit dibandingkan dengan transaksi yang mengubah aktiva lancer, namun pada umumnya menyangkut jumlah rupiah yang besar.
2. Pengendalian aktiva tetap dilaksanakan pada saat perencanaan perolehan aktiva tetap, sehingga sistem otorisasi perolehan aktiva tetap diterapkan pada saat perencanaan perolehan dan pada saat pelaksanaan rencana perolehan aktiva tetap.
HUTANG
Hutang adalah kewajiban yang harus dibayar kepada pihak yang terkait. Hutang itu sendiri dibagi menjadi dua bagian :

1. Hutang Lancar : hutang yang dibayarkan dengan jangka waktu kurang dari satu tahun
2. Hutang Jangka Panjang : hutang yang dibayarkan dengan jangka waktu lebih dari satu tahun.

MODAL
Modal adalah sesuatu hal yang ditanamkan oleh pemilik perusahaan atau rekan-rekan kedalam perusahaan untuk menjalankan kegiatan perusahaan itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar